A. TEHNIK MENJUAL KAMAR
a. Pendekatan (Approach).
b. Penjelasan dan
penetapan harga kamar (Presentation & pricing).
c. Mengatasi tamu yang
merasa keberatan (Handling
objection)
d. Menutup penjualan (Closing the sale).
a.
Incognito; tamu yang menginap di hotel
sesuai dengan permintaannya keberadaan di hotel tidak ingin diketahui oleh
orang lain atau dirahasiakan. Jika ada tamu yang mencarinya maka seluruh
karyawan hotel akan mengatakan bahwa tamu tersebut tidak menginap di hotel,
untuk menandakan bahwa tamu incognito ada beberapa cara yaitu dengan memberi
tanda (*) atau (XXX) di depan nama tamu.
b.
Privacy/do not disturb; tamu yang
menginap di hotel sesuai dengan permintaanya dan dengan alasan tertentu tidak
ingin seseorang mengganngu dirinya, hal ini berlaku untuk staf hotel atau tamu
lain yang mencarinya.
c.
Cash basis; tamu yang menginap di hotel
dengan deposit terbatas sehingga tidak bisa menjamin atas transaksi dan
penggunaan fasilitas yang digunakan oleh sebab itu setiap transaksi yang
dilakukannya harus dibayar secara tunai.
d.
Room & rate change; tamu yang
menginap di hotel karena alasan tertentu harus atau ingin pindah kamar,
prosedur yang dilakukan oleh FDA yaitu; menanyakan alasan, mencari kamar
pengganti yang sesuai dengan permintaan tamu, melapor kepada bagian lain yang
terkait dengan perpindahan ini (HK, engineering), mengisi formulir change of
room or rate serta memberikan kunci kamar yang baru.
e.
Double lock room; kamar tamu dengan
alasan tertentu dikunci dengan menggunakan kode khusus oleh Manager, alasan
double lock room yaitu tamu sleep out, tamu mempunyai masalah dengan
pembayaran.
C. LAPORAN DAN CATATAN DI RECEPTION
a. Today expected arrival list
b. Today arrival list
c. Guest in house list
d. Today expected departure list(due out)
e. Today departure list
f. Daily VIP list
g.Incident report
D. JENIS REKENING TAMU
a. Individual bill
b. Master bill
c. Extra bill
d. Seperate bill
Tidak ada komentar:
Posting Komentar