Senin, 21 Oktober 2013

Kuliah Online FO Operasional_DIV_Hari Selasa 22 Oktober 2013



A. TEHNIK MENJUAL KAMAR
a. Pendekatan (Approach).
b. Penjelasan dan penetapan harga kamar (Presentation & pricing).
c. Mengatasi tamu yang merasa keberatan (Handling objection)
d. Menutup penjualan (Closing the sale).

B. PELAYANAN SELAMA TAMU MENGINAP DI HOTEL

a.       Incognito; tamu yang menginap di hotel sesuai dengan permintaannya keberadaan di hotel tidak ingin diketahui oleh orang lain atau dirahasiakan. Jika ada tamu yang mencarinya maka seluruh karyawan hotel akan mengatakan bahwa tamu tersebut tidak menginap di hotel, untuk menandakan bahwa tamu incognito ada beberapa cara yaitu dengan memberi tanda (*) atau (XXX) di depan nama tamu.
b.      Privacy/do not disturb; tamu yang menginap di hotel sesuai dengan permintaanya dan dengan alasan tertentu tidak ingin seseorang mengganngu dirinya, hal ini berlaku untuk staf hotel atau tamu lain yang mencarinya.
c.       Cash basis; tamu yang menginap di hotel dengan deposit terbatas sehingga tidak bisa menjamin atas transaksi dan penggunaan fasilitas yang digunakan oleh sebab itu setiap transaksi yang dilakukannya harus dibayar secara tunai.
d.      Room & rate change; tamu yang menginap di hotel karena alasan tertentu harus atau ingin pindah kamar, prosedur yang dilakukan oleh FDA yaitu; menanyakan alasan, mencari kamar pengganti yang sesuai dengan permintaan tamu, melapor kepada bagian lain yang terkait dengan perpindahan ini (HK, engineering), mengisi formulir change of room or rate serta memberikan kunci kamar yang baru.
e.       Double lock room; kamar tamu dengan alasan tertentu dikunci dengan menggunakan kode khusus oleh Manager, alasan double lock room yaitu tamu sleep out, tamu mempunyai masalah dengan pembayaran.


C. LAPORAN DAN CATATAN DI RECEPTION

a. Today expected arrival list
b. Today arrival list
c. Guest in house list
d. Today expected departure list(due out)
e. Today departure list
f. Daily VIP list
g.Incident report

D. JENIS REKENING TAMU
a. Individual bill
b. Master bill
c. Extra bill
d. Seperate bill


Tidak ada komentar:

Posting Komentar