Topik Reception
Reception di
beberapa hotel menggunakan istilah masing-masing seperti Front Desk Agent,
Guest Service Assistant, Ambasador, Room Clerk. Receptionist adalah penting
bagi tamu dan hotel, hal ini dikarenakan dia adalah orang yang paling banyak
berhubungan dengan tamu, sejak sebelum kedatangan, pada saat kedatangan, selama
menginap dan pada saat keberangkatan, oleh karena itu receptionist seharusnya
mampu menciptakan dan mempertahankan kesan dan citra hotel yang baik.
A.
Tugas dan tanggungjawab Receptionist
Receptionist
mempunyai tugas dan tanggungjawab yang penting dalam untuk mewujudkan tujuan
hotel, adapun tugas dan tanggungjawabnya yaitu:
1. Menyambut kedatangan tamu dengan ramah dan sopan.
- Memproses pendaftaran tamu dengan efesien dan efektif.
- Mempersiapkan kedatangan tamu dan menentukan kamar untuk tamu.
- Menangani kunci kamar tamu dengan benar.
- Menjawab telepon dengan cepat, sopan dan ramah.
- Menangani permintaan tamu selama menginap seperti pindah kamar & sleep out dan kebutuhan lain secara benar dan memperhatikan persyaratan keamanan.
- Melakukan koordinasi dengan bagian lain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu secara efektif dan efisien.
- Menyelesaikan permasalahan tamu yang berhubungan dengan produk dan pelayanan hotel secara tepat.
- Memproses segala macam pembayaran tamu dengan benar.
- Memproses keberangkatan tamu secara efektif dan efesien.
- Membuat laporan yang berhubungan dengan tamu & kamar seperti laporan tingkat hunian kamar, laporan tamu yang menginap di hotel secara benar.
B. Persiapan kedatangan tamu
Sebelum
receptionist melakukan pekerjaaan rutinnya, ia harus melakukan berbagai
persiapan agar pekerjaannya efisien, persiapan yang dilakukan adalah persiapan
diri dan persiapan pada area kerja. Persiapan diri yang harus dilakukan adalah standar
penampilan, kerapihan, kebersihan dan persiapan mental. Persiapan pada area kerja
adalah persiapan formulir dan alat yang akan digunakan pada masa kerjanya.
Beberapa tugas utama yang seharusnya dilakukan oleh receptionist dalam hal
persiapan kerja, yaitu:
a. Menyiapkan dan memeriksa peralatan dan formulir
yang akan diperlukan.
Profil atau riwayat tamu berguna bagi hotel untuk
memberikan pelayanan yang seperti diinginkan oleh tamu, karena tamu tersebut
sudah pernah menginap di hotel. Profil tamu berisikan data-data:
- Permintaan khusus tamu, seperti: koran, majalah
kesukaannya, tempat tidur tambahan (Extra bed).
- Tipe kamar dan lokasi kamar yang diinginkan,
seperti: smoking atau non smoking room, quiet rooms, connecting rooms.
- Cara pembayaran yang digunakan, seperti tunai,
Master, Visa atau Amex (American Express).
- Makanan dan minuman kesukaan.
- Lama menginap.
- Tanggal lahir.
d.Mengalokasikan kamar (allocating the guest room).
Kamar yang sudah dipesan harus dialokasikan sesuai
dengan permintaan tamu, mengalokasikan kamar dengan mempertimbangankan berbagai
hal antara lain; profil tamu, permintaan khusus tamu, jumlah dan tipe kamar
yang dipesan oleh tamu rombongan, tamu VIP dialokasikan atas persetujuan atasan,
informasi dari departemen lain tentang kamar hotel.
e. Memastikan dan menindak lanjuti pemesanan kamar
yang tidak pasti.
Pemesanan kamar yang tidak pasti seperti waiting
list atau kamar yang dipesan tanpa ada jaminan pembayaran ditindaklanjuti kepada
bagian yang terkait sehingga data yang ada selalu akurat.
f.Menyusun dan mendistribusikan daftar kedatangan
kepada departemen yang terkait.
Daftar kedatangan tamu disusun secara benar dan
didistribusikan kepada departemen lain sebagai informasi tentang jumlah tamu
dan berguna untuk mempersiapkan pelayanan kamar dan pelayanan lainnya secara
baik.
g. Menginformasikan tentang permintaan khusus kepada
staf atau departemen yang terkait.
Permintaan khusus yang diterima oleh receptionist
harus segera di informasikan kepada departemen terkait, sehingga pada saat
kedatangan tamu di hotel seluruh permintaan yang diinginkan oleh tamu dapat
dipenuhi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar