Prosedur
penanganan permintaan kamar untuk tamu rombongan:
1.
Mencatat semua
permintaan secara lengkap sesuai dengan permintaannya
2.
Memberikan
konfirmasi secepatnya tentang status permintaannya.
3.
Memberikan
informasi/laporan kepada departemen lain terutama Sales manager dan Food Beverage
Manager.
4.
Menghubungi
pihak pemesan kamar untuk memastikan pemesanan kamarnya dalam jangka waktu 60, 30, 20 hari sebelum
kedatangannya.
5.
30 hari sebelum
tamu rombongan datang minimal sudah diterima daftar nama tamu yang akan
menginap.
6.
Dua minggu
sebelumnya beberapa informasi sudah diterima:
-
Daftar nama
tamu (rooming list) beserta nama pimpinan rombongan.
- Rincian acara
dan permintaan yang berhubungan dengan makanan dan minuman.
-
Waktu/jam
kedatangan dan keberangkatannya dari hotel.
-
Masalah
pembayaran.
-
Permintaan
khusus yang perlu dipersiapkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan bila menerima pemesanan untuk tamu rombongan:
1.
Semua permintaan
harus dijawab dan dicatat secara lengkap sesuai dengan permintaannya di dalam
reservation form.
2.
Front Office
Manager harus memberikan informasi kepada FB Manager terutama yang berhubungan
dengan masalah pengaturan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh tamu
rombongan tersebut.
3.
Masalah harga
(harga kamar, makanan dan minuman harus dibicarakan sebelumnya dengan sales
manager atau General Manager.
4.
Harus
ditentukan jumlah kamar yang akan diberikan tanpa bayar (complimentary rooms).
5.
Masalah pembayaran
harus ditentukan dan disetujui oleh FOM, apabila pembayaran akan ditagihkan
kepada perusahaan harus dibicarakan terlebih dahulu dengan bagian Accounting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar